Univoxpops

Hadirnya “Ruang Guru” di Kalangan Murid SMA

Pinterest LinkedIn Tumblr

Ketika mendengar kata belajar, apa yang terlintas dibenak kalian? Menyenangkan atau justru malah boring? Namun bagaimana jadinya kalau belajar dengan cara yang kekinian? Simple, bisa belajar kapan saja dan dimana saja dan juga, menarik bukan? Dan “Ruang Guru” adalah jawabannya! Ruang guru merupakan bimbingan belajar (bimbel) online modern terbesar di Indonesia dengan 15 juta pengguna serta mengelola 300 ribu guru. Maka tak heran jika aplikasi yang berbasis pada pendidikan ini merupakan aplikasi pendidikan online terbesar di Indonesia. Ruang Guru digemari oleh bayak kalangan khususnya dikalangan murid SMA, karena biaya yang jauh lebih murah dibanding bimbel konvensional pada umumnya, waktu yang lebih fleksibel dan tidak perlu repot-repot untuk pergi ke luar rumah. Kepada Nadhif Shadiq, jurnalis Unipedia, 6 murid SMA yang menggunakan aplikasi Ruang Guru dan 4 orang tua yang anaknya menggunakan aplikasi Ruang Guru, menyampaikan beberapa pendapatnya mengenai aplikasi bimbingan belajar online yaitu “Ruang Guru”.

Sepuluh orang diantaranya adalah Raihan (18) murid SMAN 1 Kota Malang, Ridho (17) Murid SMAN 3 Kota Malang, Jeje (18) murid SMAI Sabilillah Kota Malang, Fahra (18) murid SMAN 9 Kota Malang, Rheno (17) Murid SMAN 1 Kota Malang, Danny (18) murid SMAN 4 Kota Malang, Jenny (49) Ibu dari Raihan, Diah (46) Ibu dari Jeje, Sunarsih (48) Ibu dari Rheno, dan Ana (43) Ibu dari Fahra.

Sudah berapa lama anda menggunakan aplikasi Ruang Guru?

Raihan: Dua tahun.

Ridho: Satu tahun.

Jeje: Tiga tahun.

Fahra: Dua tahun.

Rheno: Satu tahun.

Danny: Satu tahun.


Apa yang mendorong (membuat) anda bergabung dengan aplikasi Ruang Guru?

Raihan: Melihat promosinya di TV.

Ridho: Dapat informasi dari teman kalau Ruang Guru katanya bagus..

Jeje: Awalnya coba, karena suka malas kalau les diluar dan jadwalnya sering ndak cocok, jadi saya coba Ruang Guru kan di iklannya les nya online.

Fahra: Tertarik karena waktu itu ada promo di TV, harganya kan sangat jauh (lebih murah) jika dibandingkan dengan les offline.

Rheno: Saran dari teman yang sudah gabung.

Danny: Penasaran aja gimana sistemnya, kan harganya juga murah jadi tertarik buat gabung jadi member Ruang Guru.


Apakah anda merasa aplikasi Ruang Guru efektif untuk membatu anda dalam belajar?

Raihan: Sangat membantu, karena materi yang disampaikan itu dijelaskan dengan cara yang mudah untuk dimengerti.

Ridho: Membantu, karena saya bisa melihat materi yang saya belum faham kapanpun serta bisa diulang-ulang jika masih belum faham.

Jeje: Iya, karena enak tidak harus keluar rumah jadi saya bisa belajar kapan saja kalau saya merasa butuh untuk belajar.

Fahra: Membantu sekali, materinya mudah untuk difahami serta bisa diulang-ulang saat saya lupa atau kurang faham pada materi tertentu.

Rheno: Iya sangat membantu, jadi bisa belajar di HP tidak perlu keluar rumah.

Danny: Membantu, karena materi yang disampaikan mudah dan cara mengajarnya asik.

Apa yang anda ketahui tentang aplikasi Ruang Guru?

Jenny: Aplikasi untuk belajar secara digital.

Diah: Bimbingan belajar online yang sering iklan.

Sunarsih: LBB (Lembaga Bimbingan Belajar) Online.

Ana: Aplikasi untuk les, secara online.

Bagaimana pendapat anda mengenai biaya pada aplikasi Ruang Guru?

Jenny: Biayanya tergolong murah, jauh jika dibandingkan dengan bimbingan belajar offline.

Diah: Sangat murah ditambah Ruang Guru sering memberi promo.

Sunarsih: Relatif terjangkau.

Ana: Murah, apalagi kalau dibandingkan dengan les konvensional.

Apa perubahan pada anak anda setelah bergabung dengan aplikasi Ruang Guru?

Jenny: Anak saya jadi lebih sering belajar dan nilainya menjadi lebih baik.

Diah: Yang pasti nilainya meningkat semenjak ikut Ruang Guru.

Sunarsih: Jadi lebih sering belajar di HP dari pada bermain game.

Ana: Nilainya menjadi lebih bagus.

Di era teknologi digital saat ini membuat seluruh sektor dalam berbagai bidang seolah dituntut untuk bergerak kearah digital. Tak hanya dalam ruang lingkup transportasi dan surat kabar saja, tetapi di dunia pendidikan pun juga sama. Rupanya Ruang Guru paham betul akan hal ini, sehingga dengan konsep yang dimiliki, Ruang Guru berusaha mengubah cara belajar murid Indonesia untuk mendapatkan materi tambahan yang dapat diakses dengan mudah melalui smartphone. Dan semua yang dilakukan Ruang Guru telah berhasil. Terbukti dari hasil wawancara di atas, seluruh responden mengaku telah banyak terbantu dengan adanya aplikasi Ruang Guru ini.

Dari sisi orang tua, mereka merasa terbantu dari segi ekonomi karena biaya yang dikeluarkan relatif lebih murah daripada bimbingan belajar konvensional. Jadi para orang tua dapat memiliki tabunganlebih untuk biaya ke jenjang pendidikan selanjutnya. Orang tua juga menjadi lebih merasa aman karena tidak perlu khawatir jika sang buah hati berangkat les ke luar rumah hingga larut malam, karena Ruang Guru dapat diakses dimana saja jadi anak tetap bisa ikut bimbel dengan hanya di rumah saja.

Ruang Guru adalah jawaban untuk pelajar di Indonesia yang ingin ikut bimbingan belajar tetapi tidak perlu repot keluar rumah. Ditambah dengan semua materi yang bisa diakses kapanpun dan dimanapun hanya melalui smartphone, tanpa perlu membuat jadwal dengan guru pengajar. Waktu belajar jadi lebih fleksibel, serta harga yang ditawarkan sangat terjangkau. Hanya dengan kisaran harga Rp 600.000,00 kalian sudah bisa bergabung dengan Ruang Guru selama satu tahun. Cukup murah dan lebih terjangkau jika dibandingkan dengan LBB konvensional  yang harganya bisa mencapai jutaan hinggan belasan juta rupiah. Ruang Guru merupakan bentuk masa depan dari LBB. (NS)

Sumber Gambar: liputan6.com

Nadhif Shadiq
Author

Write A Comment