Lifepedia

Belajar Asyik di Rumah Bersama “RUANG GURU”

Pinterest LinkedIn Tumblr

Kehidupan manusia modern saat ini begitu dimanjakan dengan hadirnya berbagai macam aplikasi pada smartphone yang memudahkan manusia. Seperti aplikasi gojek yang memudahkan penggunanya untuk pesan makanan, pesan ojek dan mengirim barang hanya dengan online saja di rumah. Pada dunia pendidikan pun juga tak mau ketinggalan, yaitu dengan hadirnya platform “Ruang Guru”. Ruang Guru merupakan aplikasi gratis pada android dan iOs yang berbasis pada layanan pendidikan yaitu bimbingan belajar secara online. Keberadaan Ruang Guru mempermudah pelajar pada jenjang pendidikan SD sampai SMA untuk melakukan bimbingan belajar tanpa harus keluar rumah dan juga dapat diakses kapan saja dan di mana saja. Sangat menyenangkan, bukan?

Selain itu, Ruang Guru merupakan aplikasi belajar terlengkap yang mencakup semua mata pelajaran dari jenjang SD sampai SMA sesuai kurikulum nasional dengan tenaga pengajar pilihan terbaik dan berpengalaman. Dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi, pembelajaran dilakukan secara virtual. Hal ini lah yang menjadi alasan mengapa platform “Ruang Guru” digandrungi oleh pelajar milenial.

Akan tetapi, platform “Ruang Guru” tidak bisa digunakan untuk beberapa kalangan murid yang berada di daerah bukan berasal dari perkotaan. Sesuai dengan konsepnya yang mengusung pembelajaraan secara virtual, karena keterbatasan akses internet (throttling) ataupun tidak memiliki media untuk bisa mengakses seperti PC, smartphone, dll.

“Sebenarnya bukan disebut sebagai andalan milenial sih, sebenarnya Ruang Guru itu adalah cobaan keresahan para siswa dan orang tua yang butuh akan namanya bimbel. Nah, saat ini bimbel offline seperti lembaga-lembaga yang sudah terkenal itu pasang harganya di atas Rp6 juta hingga Rp12 juta untuk program satu tahun. Jadi, muncul lah Ruang Guru, itu ide pertama dari adanya Ruang Guru,” jelas Zendaya, Marketing Manager Ruang Guru, cabang Surabaya.

“Lalu kenapa Ruang Guru bisa booming? Karena harganya sangat terjangkau jika dibandingkan dengan bimbel offline. Kenapa kekinian? Karena di Ruang Guru ada sosok CEO kita yaitu Belva Devara dan Iman Usman yang usia mereka masih muda. Mereka berdua bisa menjadi contoh sosok anak muda yang sukses. Hal itu lah yang menarik perhatian bagi generasi millennial saat ini,” sambungnya.

Ruang Guru kini dapat eksis dan bertahan selama 6 tahun, karena konten yang selalu up to date dari materi pelajaran hingga informasi seputar dunia pendidikan yang dibutuhkan oleh pelajar. Secara packaging, Ruang Guru memilih brand ambassador yang digandrungi oleh anak muda saat ini.

“Aku memakai Ruang Guru sejak kelas 6 SD kira-kira 2 tahun yang lalu. Yang membuat aku tertarik dengan Ruang Guru inikarena harganya terjangkau, beda jauh sama bimbel pada umumnya. Penjelasan yang diberikan oleh master teacher di Ruang Guru juga mudah dipahami,” jelas Yehezekiel Tambunan, siswa SMP Tarakanita 4, Jakarta Timur.

“Kadang kalo kesulitannya dalam memakai aplikasi ini suka error. Soal – soal dalam jawabannya kadang tidak sesuai. Tidak selalu dapat diandalkan juga soalnya saat aku pakai untuk belajar, tiba – tiba akses internet terputus.” Tambah Yehezekiel.

Menurut Zendaya, metode pembelajaran yang disajikan oleh platform “Ruang Guru” supaya murid tidak mudah bosan saat belajar adalah:

Pertama, video belajar. Pada video belajar terdapat gambar animasi sebagai pembuka. Durasi video pembelajaran berkisar antara 5-15 menit. Kemudian master teacher memberikan penjelasan yang terdapat visual animasi. Setiap grade dibikin berbeda animasinya. Jadi disesuaikan dengan kriteria tingkatan kelas siswa.

Kedua, streaming secara langsung. Metode ini menggunakan pembelajaran online. Jadi master teacher menggunakan pengajaran secara virtual dengan para muridnya, biasanya berdurasi berkisar 45 – 60 menit.

Ketiga, bertemu langsung secara tatap muka. Ruang Guru tidak hanya menyediakan pembelajaran secara online saja, tetapi master teacher bisa datang langsung ke rumah siswa dengan sistem pembelajaran private.

Itulah sedikit pengenalan tentang “Ruang Guru” yang saat ini menjadi platform belajar kekinian ala generasi milenial. Namun dalam metode pembelajaraan virtual atau konvensional saja saja. Tergantung kebutuhan murid masing – masing. Bagaimana? Apa kamu tertarik juga untuk mencoba? (ARA)

Mutiara Happy
Author

Write A Comment