Univoxpops

Berseragam saat Sekolah, Penting Gak Sih?

Pinterest LinkedIn Tumblr

Saat melihat ada segerombol anak dengan pakaian berwarna merah putih, pasti yang ada dipikiran kita adalah anak SD. Ya, seragam merah putih merupakan seragam sekolah khas anak Indonesia yang masih duduk di bangku sekolah dasar. Meski saat ini banyak variasi seragam yang dibuat oleh sekolah, baik sekolah negeri maupun sekolah swasta, seragam merah putih ini tidak akan pernah bisa tergantikan. Karena seragam merah putih sudah menjadi ciri khas yang mendarah daging bagi siswa sekolah dasar di Indonesia.

Namun, sebenarnya penting gak sih menggunakan seragam untuk pergi sekolah? Kepada Bunga Nadzifa, jurnalis Unipedia, terdapat 10 responden yang menyampaikan opininya tentang “Penting atau Tidak, Murid SD Menggunakan Seragam untuk Pergi Sekolah”.

Sepuluh orang diantaranya adalah Nitia Faila (21) Mahasiswi UMM asal Malang, Alika Shasqia (22) Mahasiswi UMM asal Malang, Dewi Manggarani (35) Ibu Rumah Tangga asal Malang, Rofiqy Akhsanul (31) Wiraswasta asal Tumpang, Kevin Roy Azhar (23) Photographer asal Banjarmasin, Indah (40) Ibu Rumah Tangga asal Malang, Yana (38) Pedagang asal Malang, Miftakhur (29) Marketing di PT. Tawada Healthcare asal Malang, Retianingsih Oeta Ulan (26) Marketing di PT. Menarini Laboratories dan Irma (33) Ibu Rumah Tangga asal Malang.

Apakah anda setuju jika murid SD menggunakan seragam untuk pergi sekolah? Berikan alasannya.

Nitia: Setuju. Di usia SD sudah seharusnya untuk diajarkan disiplin sejak dini. Salah satunya adalah dengan menggunakan baju seragam. Selain itu dengan berseragam dapat memberikan pengertian kepada anak bahwa semua orang mempunyai kedudukan yang sama.

Alika: Setuju. Agar disiplin.

Dewi: Setuju, karena bersifat wajib bagi anak SD. Dan saya tidak setuju jika tidak berseragam, karena bisa membedakan status anak.

Rofiqy: Ya setuju supaya tidak ada kesenjangan sosial.

Kevin: Setuju, agar tidak terlihat adanya kesenjangan sosial. Kan kasihan yang anak berasal dari keluarga kurang mampu gak bisa beli baju bermerk, jadi iri sama temennya yang dari keluarga berada.

Indah: Setuju, agar lebih tertib dan disiplin.

Yana: Setuju. Supaya ada pemerataan antara yang mampu dan tidak mampu.

Miftakhur: Setuju. Untuk mengurangi kesenjangan sosial.

Retia: Setuju, supaya tidak ada kesenjangan sosial antar anak di sekolah.

Irma: Setuju. Agar terlihat lebih rapi, disiplin dan tidak adanya kesenjangan sosial.

Bagaimana dampak yang terjadi kepada murid SD, jika mereka tidak diwajibkan untuk menggunakan seragam saat pergi sekolah?

Nitia: Pasti akan terlihat adanya kesenjangan sosial.

Alika: Dampaknya akan terlihat dari baju yang di kenakan itu berimbas pada status sosial.

Dewi: Dapat membedakan status anak.

Rofiqy: Bisa bikin saling iri nanti antar anak.

Kevin: Nanti sekolah malah bingung gaya-gayaan dan bingung baju baru.

Indah: Jika tidak pakai seragam nantinya adanya kesenjangan sosial di sekolah.

Yana: Waktu jam sekolah bisa mampir kemana-mana. Bisa ada kesenjangan sosial juga. Yang kaya bajunya lebih bagus dan bisa gonta ganti, sedangkan yang kurang mampu bajunya tetap.

Miftakhur: Bullying sih pastinya.

Retia: Kalau tidak berseragam bisa timbul masalah bullying antar siswa, karena kan berbeda-beda.

Irma: Ya tidak terlihat seperti pelajar. Karena kan sudah khas sekali ya di Indonesia kalau anak sekolah itu pasti berseragam.

Menurut anda, bagaimana model / gaya berseragam yang baik untuk murid SD?

Nitia: Seragam yang sopan dan sesuai dengan umur.

Alika: Sewajarnya.

Dewi: Untuk anak perempuan sebaiknya yang menutup aurat.

Rofiqy: Yang penting rapi.

Kevin: Berseragam yang tertutup. Dalam artian dapat menutup aurat baik laki-laki maupun perempuan.

Indah: Pake baju atasan panjang dan bawahan panjang. Yang perempuan berhijab.

Yana: Desainnya modis tetapi tetap sopan dan disesuaikan dengan daerah setempat.

Miftakhur: Simple dan sopan.

Retia: Lengan panjang, celana panjang dan juga rok panjang.

Irma: Sopan, disesuaikan dengan usia dan berstandart sama rata dijenjang sekolah dasar.

Berikan tanggapan anda mengenai seragam sekolah murid SD saat ini.

Nitia: Sejauh ini menurut penilaian saya, seragam SD masih masuk dalam kategori sopan dan nyaman untuk anak-anak.

Alika: Setiap sekolah memiliki pilihan masing-masing atas pemilihan seragam yang digunakan untuk identitas sekolah dan yang sama hanya merah putih plus pramuka saja. Baik semua.

Dewi: Baik sekali pakai seragam.

Rofiqy: Oke aja, gak masalah.

Kevin: Sempurna.

Indah: Sudah sangat bagus dan merata kalau anak SD pakai baju seragam sekolah.

Yana: Sudah banyak perubahan daripada zaman dulu. Kainnya dan modelnya lebih bervariasi.

Miftakhur: Sudah baik.

Retia: Kalau menurut saya sudah baik.

Irma: Bagus, sesuai dengan standart untuk usia murid SD yaitu merah putih.

Dari 10 responden menyatakan bahwa menggunakan seragam untuk murid SD saat pergi sekolah itu penting. Pentingnya menggunakan seragam untuk pergi sekolah adalah untuk mencegah adanya kesenjangan sosial antar siswa. Supaya para murid tidak beradu gaya dan model pakaian saat di sekolah. Mengingat jika murid SD adalah anak-anak yang berada pada masa dimana pembentukan karakter, jadi ada kemungkinan ia masih memiliki sikap egois yang tinggi. Sifatnya yang masih cenderung kekanak-kanakan, membuatnya saat melihat temannya menggunakan pakaian yang keren akan ada rasa yang timbul dalam dirinya untuk ingin lebih keren daripada temannya. Sehingga hal ini akan menyusahkan orang tua jika sang anak sampai merengek meminta pakaian keren untuk digunakan ke sekolah.

Machmud Fauzi, seorang Guru di SLB-C Negeri Pembina Banjarmasin dan yang juga merupakan seorang Dosen di Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, menjelaskan tentang akan pentingnya untuk siswa SD menggunakan seragam saat sekolah. “Siswa SD wajib menggunakan seragam. Dengan alasan yang pertama, supaya tidak ada perbedaan antara si kaya dan si miskin. Tidak ada perbedaan antara anak yang memiliki kemampuan lebih dan anak yang sudah sangat terbatas. Dan yang kedua, dengan seragam semua siswa akan terlihat sama. Jadi tidak menimbulkan kesan-kesan yang lain, dalam artian menggunakan seragam akan menimbulkan kesan yang bagus daripada menggunakan pakaian yang macam-macam,” jelas Machmud.

“Kenapa penting menggunakan seragam? Karena dengan berseragam juga menentukan hal-hal yang berkaitan dengan kesopanan dan asusila. Coba saja kalau si A pakai celana pendek, si B pakai celana panjang, tentunya akan terlihat berbeda. Sehingga siswa tidak akan tau norma-norma asusila dan budi pekerti tentang aturan berpakaian serta sopan santun,” tambahnya.

Maka dari itu, menggunakan seragam untuk pergi sekolah merupakan hal yang sangat penting. Karena seragam tidak hanya sekedar hal yang berkaitan dengan pakaian saja, tetapi juga tentang bagaimana membentuk karakter yang baik untuk siswa. Sehingga siswa mampu mengerti mana yang baik dan mana yang buruk. (BN)

Sumber Gambar : suratkabar.id

Bunga Nadzifa
Author

Write A Comment