Lifepedia

Metode Pembelajaran “Anti Bosan” Ala Guru TK

Pinterest LinkedIn Tumblr

Perkembangan zaman di era globalisasi ini memberikan pengaruh dan dampak bagi kehidupan manusia. Salah satu yang terkena dampak dari perkembangan zaman, yaitu pendidikan. Pendidikan di era globalisasi tak hanya fokus pada kurikulum untuk mencerdaskan bangsa saja, tetapi juga harus di dampingi dengan sistematika metode pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan zaman modern. Peran guru sangat diharapkan dalam metode ini, maka dari itu guru ‘zaman now’ dituntut untuk paham dan menguasai hal-hal yang disukai siswa. Tentu cara mengajar seperti ini akan berbeda, jika dibandingkan dengan era 90-an atau 2000-an.

Pada era sekarang, mau tidak mau seorang guru dituntut supaya dapat ber-inovasi dengan berbagai cara untuk menciptakan keadaan kelas yang menyenangkan dan juga mengajak siswa untuk selalu aktif di dalam kelas. Dengan begitu akan muncul kepercayaan diri dari masing masing siswa dan menumbuhkan rasa ingin tahu sejak dini. Seperti metode yang diterapkan guru di TK Sabilillah Malang ini, para guru berupaya menciptakan keadaan kelas yang menyenangkan untuk para siswanya supaya mereka menjadi lebih bersemangat dalam belajar.

“Jadi saat di kelas kami berupaya menciptakan suasana yang seru untuk siswa. Kami memancing mereka bertanya sehingga terjadi komunikasi dua arah yang efektif antara guru dan siswa, jadi tidak hanya guru yang menjelaskan materi selama pelajaran berlangsung.” ujar Nurul Chotimah, S.PdI. Salah seorang guru di TK Sabilillah Malang.

Nurul menerapkan metode belajar dengan cara sering membuat kelompok dalam kelas untuk berdiskusi dan bermain bersama selama pelajaran berlangsung. Takhanya itu, Nurul juga sering memanggil siswa secara acak untuk menceritakan pengalamannya, baik saat liburan atau saat mereka berada dirumah. Dengan harapan dapat membiasakan para siswa sejak dini untuk berani berbicara di depan umum, minimal di depan teman kelas dan di depan Nurul sendiri. Nantinya, jika sudah terbiasa  siswa akan dapat berbicara di depan orang banyak, karena mereka memiliki rasa percaya diri yang ditanamkan sejak dini.

Saat mengajar pun kerap kali para guru di TK Sabilillah mengajak siswa untuk belajar diluar kelas dan terkadang juga sambil bermain. Dengan tujuan agar para siswa tidak bosan, dan menjadi semangat dalam mengikuti pelajaran. Terutama saat menjelang waktu pulang sekolah, karena dari pagi berada di dalam kelas membuat siswa menjadi bosan, maka butuh adanya suasana baru saat belajar.

“Biasanya jam 9 atau jam 10 para siswa kami ajak untuk belajar atau bermain diluar kelas. Karena, menurut kami belajar di dalam kelas terlalu lama dapat membuat anak-anak menjadi bosan yang menyebabkan mereka tidak konsentrasi lagi. Terbukti saat pembelajaran diluar kelas anak-anak menjadi bersemangat kembali.” jelas Nurul.

Metode yang dilakukan Nurul dan guru-guru TK Sabilillah lainnya telah mendapatkan hasil yang positif. Terbukti dari salah satu pengakuan orang tua murid yang mengutarakan, jika anaknya selalu bersemangat untuk hadir ke sekolah.

“Iya, anak saya selalu bersemangat saat akan berangkat sekolah, tidak pernah sekalipun malas malasan atau tidak mau berangkat.” ujar Ningsih (43) Ibunda dari Jeje, salah satu siswa di TK Sabilillah.

Rasa semangat untuk berangkat ke sekolah adalah hal yang dapat mencerminkan bahwa murid merasa nyaman dan senang dengan lingkungan sekolah. Cara mengajar guru juga menjadi alasan mengapa siswa merasa betah berada di kelas. Nah, berikut adalah beberapa metode yang ampuh untuk mengusir rasa bosan pada anak yang diterapkan guru-guru TK Sabilillah:

Pertama, sering membuat kelompok belajar di dalam kelas. Hal ini bertujuan untuk mengembangkan cara berpikir kritis dalam memecahkan masalah, mengembangkan kemampuan bersosialisasi dan komunikasi serta meninggikan rasa percaya diri terhadap kemampuan siswa. Selain itu, belajar kelompok juga bertujuan agar siswa dapat memahami dan menghargai orang lain.

Kedua, siswa dibiasakan berbicara di depan kelas. Metode ini bisa memberikan dampak positif bagi siswa. Seperti, membuat siswa jadi punya keberanian, percaya diri, dan terbiasa tampil di depan umum sekaligus melatih siswa untuk dapat presentasi dengan baik sejak dini.

Dan yang terakhir, belajar diluar kelas. Belajar di luar kelas dapat memberikan pembelajaran yang lebih bermakna, karena pembelajaran di luar kelas akan membuat pikiran dan rasa semangat belajar menjadi meningkat. Pembelajaran yang monoton tentu akan mudah membuat jenuh para siswa, sehingga dapat menurunkan minat dan siswa dalam belajar. Dan hal ini dijadikan sebagai solusinya.

Maka dari itu, untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan harus membuat para guru melakukan inovasi dalam mengajar. Sehingga siswa dapat memiliki rasa minat dan semanggat yang meningkat dalam belajar. Karena, telah tebukti bahwa metode belajar yang menyenangkan dapat menyebabkan siswa menjadi lebih semangat belajar. Itulah yang dinamakan pendidikan dengan sistem belajar yang kekinian. Dimana guru selalu berusaha menciptakan metode belajar yang baru dan tidak lagi mengajar menggunakan cara cara konvensional seperti pengajar di tahun 90-an. Semoga para ibu dan guru-guru jadi terinspirasi sekaligus teredukasi tentang seputar cara mengajar yang membuat siswa khususnya anak TK supaya tidak jenuh dan bosan saat belajar. (NS)

Nadhif Shadiq
Author

Write A Comment