Inspiratif

Raih Gelar Cum Laude dan Beasiswa ke Negeri Sakura, Jepang

Pinterest LinkedIn Tumblr

Sambil menyelam minum air. Begitulah yang dirasakan oleh Ella saat ia menempuh beasiswa pendidikan ke Negeri Sakura, Jepang. Ella yang memiliki nama lengkap Theresia Ella Suryani adalah alumni dari STIE Malangkucecwara yang lulus pada 2019 di jenjang pendidikan S1 Akuntansi dengan meraih gelar cum laude, yaitu 4.00. Begitu sempurna dan tentunya sangat mengesankan.

Semasa kuliah, Ella memang dikenal dengan anak yang pandai dan tekun. Hal itu terbukti dengan Ella yang mendapatkan beasiswa pada program student exchange ke Jepang selama satu tahun. Awal mula cerita terjadi saat Ella masih semester enam, ia mengikuti kegiatan English Squad, yaitu club conversation dengan kegiatan sharing menggunakan bahasa Inggirs. Kemudian, Ella diberikan tawaran beasiswa oleh seorang dosen yaitu Dwinita yang menjabat sebagai Kepala Kantor Urusan Internasional di STIE Malangkucecwara. Ella di rekomendasikan dan diberi kesempatan beasiswa oleh dosen tersebut untuk mengikuti pertukaran pelajar di Kanda University of International Studies, Japan.

Ada pun beberapa persyaratan dan kriteria yang harus di tempuh Ella untuk mendapatkan beasiswa tersebut, seperti memiliki nilai IP yang tinggi, aktif dalam berbagai macam kegiatan mahasiswa di kampus, memiliki pengetahuan umum dan pengetahuan tentang kebudayaan Indonesia – Jepang, serta bisa berbahasa asing yaitu Inggris dan Jepang. Dengan rasa semangat dan motivasi yang tinggi, akhirnya Ella bisa memenuhi persyaratan dan kriteria tersebut.

 “Itu (beasiswa ke luar negeri) merupakan suata impian aku dari kecil sih, ditambah lagi dengan kisah inspiratif dosenku yang pernah melanjutkan S-2 di luar negeri. Hal itu membuat aku menjadi termotivasi lagi untuk bisa mendapatkan beasiswa ke luar negeri. Wah, ternyata kehidupannya seru juga meskipun harus struggle, banyak halangan, (tetap) harus bisa survive di negara orang. Dan saya mendapatkan sesuatu inside yang bagus dari pengalaman dosen tersebut,” ujar Ella.

“Jadi pengen banget bisa merasakan kuliah di luar negeri, belajar di negara orang dan juga ingin tau kebudayaan serta kehidupan orang Jepang aslinya seperti apa. Seperti dari segi lifestyle-nya (kira-kira) sama seperti kita atau tidak,” tambahnya.

Pengalaman berharga yang didapat oleh Ella saat di Jepang adalah ketika ia bisa bersosialisasi dengan teman-teman dari berbagai Negara dan bisa memahami bagaimana kehidupan orang Jepang secara real life. Ellah juga pernah menjadi volunteer untuk membantu mahasiswa Jepang belajar bahasa Indonesia. Kemudian Ella juga menjelajahi Jepang bersama teman-temannya untuk mengunjungi ke berbagai tempat bersejarah. Jadi, kesibukan Ella tidak hanya belajar saja. Tetapi, Ella juga memanfaatkan waktu yang ada selama di Jepang untuk menambah banyak pengalaman yang sebelumnya tidak pernah ia rasakan.

“Selain belajar, kegiatanku di Jepang adalah ikut part time job di sebuah restaurant. Karena pekerjaan itu, bisa membuat saya semakin lancar berbahasa Jepang. Kan setiap hari ada conversation, jadi sangat membantu banget untuk improve bahasa Jepang aku,” kata Ella.

Sebagai mahasiswa study exchange memang tidaklah mudah untuk menghadapi berbagai aspek perubahan lingkungan terutama beradaptasi dengan culture. Untuk dapat beradaptasi dengan culture di Jepang, Ella harus memahami perbedaan yang berbanding terbalik dengan cukture di Indonesia. Culture atau budaya orang Jepang yang baik dapat dicontoh, sebaliknya untuk budaya yang kurang baik dapat dipahami dan dimengerti saja. Ella tidak merasa terlalu kesusahan untuk beradaptasi selama di Jepang, karena ia tak pernah lelah untuk selalu belajar tentang budaya Jepang.

Jika kita memiliki kemauan yang tinggi untuk kuliah di luar negeri dengan mendapatkan beasiswa, maka jangan pernah takut untuk mencoba. Karena dengan mencoba kita akan tau sudah sampai pada tahap mana potensi yang kita miliki. Berusaha, ikhtiar dan tawakal merupakan kunci sukses untuk meraih cita dan mimpi. Yakinlah jika usaha tidak akan mengkhianati hasil dan kekuatan doa akan mematahkan segala kemustahilan. (ARA)

Mutiara Happy
Author

Write A Comment