Inspiratif

Tim Robotika UMM Meraih Gelar Kejuaraan di Kancah Internasional, Amerika Serikat

Pinterest LinkedIn Tumblr

Meraih sebuah kemenangan dalam sebuah perlombaan merupakan harapan bagi setiap peserta lomba. Dengan meraih kemenangan, seseorang akan diakui oleh banyak orang jika potensi atau bakat yang ia miliki memang luar biasa. Selain itu, dengan meraih kemenangan seseorang akan merasa bangga pada dirinya sendiri.

Seperti yang dirasakan oleh Tim Robotika Universitas Muhammadiyah Malang. Tim Robotika UMM ini terdiri dari tiga anggota, yaitu Alfan Achmadillah Fauzi, Rohmansyah dan Ken Dedes Maria Khunty. Sebelumnya, mereka meraih juara nasional berdasarkan surat penugasan Ditjen Belmawa Kemenristekdikti Republik Indonesia yang akhirnya membawa mereka untuk menjadi perwakilan Indonesia ke jenjang internasional, yaitu pada kontea robot Trinity College Fire Fighting di Trinity College Hartford Connecticut, Amerika Serikat.

Tim Robotika UMM mengirimkan tiga robot, yakni Tim InaMuh dan Tim UnMuh Malang untuk divisi robot berkaki dan Tim DomeMuh untuk divisi robot beroda. Pada kompetisi itu, Tim Robotika UMM bersaing dengan finalis perwakilan dari berbagai Negara maju, seperti Kanada, China, Israel, Portugal, Uni Emirat Arab (UAE) dan Amerika Serikat (AS).

Salah satu anggota robotik UMM, Alfan menjelaskan misinya adalah memadamkan api dengan cepat dalam satu ruangan yang diibaratkan sebagai rumah dan itu berlaku untuk semua kategori robot, baik kategori berkaki dan juga kategori beroda.

“Jadi dalam perlombaan, titik apinya diberi secara acak oleh para juri dan robotnya diharuskan dapat menemukan di mana keberadaan titik apinya seakurat dan secepat mungkin.” ujar Alfan yang bertugas sebagai perancang pemograman.

Setelah robot berhasil memadamkan api dengan tepat, misi selanjutnya adalah robot harus dapat kembali ke posisi semula dengan cepat. Karena robot dengan catatan waktu tercepat akan menjadi pemenangnya. Dan tak disangka, Tim Robotika UMM berhasil memperoleh waktu tercepat dan keluar sebagai pemenang.

Tim Robotika UMM menyabet dua gelar sekaligus dalam ajang kontes robot Trinity College Fire Fighting di Trinity College Hartford Connecticut, Amerika Serikat, yaitu juara pertama untuk kategori robot pemadam api berkaki dan juara dua untuk kategori robot pemadam api beroda.

Rasa senang dan bangga menyelimuti perasaan dari Tim RobotikaUMM kala itu, kerena bisa pulang ke tanah air dengan membawa gelar juara. Kebahagiaan mereka pun tak cukup sampai disitu, saat tiba di Universitas Muhammadiyah Malang mereka disambut hangat oleh rektor, dosen dan juga teman-teman. Atas prestasi itu, Tim Robotik UMM diberi hadiah oleh Rektor UMM, yaitu pembebasan skripsi bagi ketiga anggota Tim Robotika UMM.

“Iya, kami bertiga (Alfan, Rohmansyah dan Ken Dedes) mendapat hadiah langsung dari pak rektor, yaitu bebas skripsi,” ujar Alfan.

Dari pengalaman tersebut mengajarkan mereka jika koordinasi dalam  tim merupakan kunci keberhasilan dari kemenangan, karena untuk menciptakan sebuah robot yang canggih itu melibatkan banyak unsur yang harus dikerjakan secara bersama-sama dan jika tanpa koordinasi yang baik tentunya Tim Robotika UMM tidak dapat menjuarai kompetisi tersebut.

“Kami banyak belajar dan juga berlatih dari situ, karena pada awalnya sangat banyak kesalahan yang kami perbuat. Tetapi, satu demi satu kami berusaha mencari cara untuk memperbaikinya. Memang koordinasi tim merupakan hal yang sangat penting bagi kami hingga kami bisa sampai dititik ini,” ujar Rohmansyah, yang bertugas sebagai perakit perangkat keras Tim Robotika UMM.

Semoga Alfan, Rohmansyah, dan Ken Dedes dapat menjadi inspirasi dan motivasi bagi mahasiswa di seluruh Indonesia agar dapat berprestasi dikancah internasional. Serta dapat menunjukan bahwa Indonesia mampu bersaing dengan Negara-Negara maju lainnya. Teruslah mengharumkan nama bangsa ini wahai pemuda pemudi Indonesia, kami tunggu ya prestasi membanggakan lainnya! (NS)

Nadhif Shadiq
Author

Write A Comment