Healthypedia

Pencarian Jati Diri dan Mengenali Diri Sendiri

Pinterest LinkedIn Tumblr

Apa iya dengan cara menyimpang bisa menemukan jati diri seseorang?

Masa remaja adalah transisi yang di mana masa anak – anak menuju masa dewasa. Pada masainilah sering kita dengar adanya kenakalan remaja yang dihubungkan dengan masalah sosial. Tidak lain tidak bukan adalah kenakalan remaja. Kenakalan remaja sudah tidak asing bagi para penghuni sekolah, bahkan masyarakat diluar sekolah juga turut diresahkan oleh masalah ini. Masalah ini diakibatkan karena remaja tidak mampu untuk menghadapi perkembangan fisik dan psikologinya yang di mana mereka sedang memasuki tahap dalam proses pencarian jati diri.

“Jati diri merupakan suatu hal yang ada didalam diri kita miliki, lalu meliputi karakter, sifat, watak dan kepribadiannya. Kalau kita tidak mempunyai jati diri maka kita akan ya kita tidak mempunyai jati diri akhirnya. Kita hanya ikut kesana ikut kemari dan lain sebagainya.” jelas Yohana Sri Rejeki, guru Bimbingan Konseling dari SMPN 167 Jakarta Timur.

“Orang yang tidak punya jati diri itu hidupnya sebetulnya nggak enak. Karena apa? Karena semua tergantung pada orang lain tetapi kalau kita punya jati diri, kita punya warna dan kita sendiri mengenalinya dengan baik maka kita bisa melakukan apa saja dan kita tahu apa yang kita harus lakukan.” lanjut jelasnya.

Untuk mengetahui jati diri seseorang dapat dilihat sejak dini ketika ia mulai bisa bersosialisasi. Khususnya ketika ia sudah mulai bisa melakukan hal – hal aktivitas penuh, seperti pada saat sekolah dasar. Nantinya hal itu akan berkembang setelah usia lebih dewasa dari kelas 6 SD sampai SMP. Tentunya pada saat itulah mulai diarahkan untuk merefleksi diri seperti mengenali kegemaran, kelemahan dan kelebihan yang ada pada dirinya.

“Upaya untuk meningkatkan jati diri tentu saja harus merenung dan berfikir untuk melakukan mengetahui diri kita tentang kelemahan kita dan kelemahan kita karena itu yang utama. Setelah itu kita juga bisa kenal dan bertanya kepada orang – orang disekitarnya menurut mereka apakah cocok dengan kepribadian kita. Nah, setelah itu sudah tau kelebihan dan kelemahan. Maka mari kita tingkatkan melakukan hal – hal yang baik dan dianggap bahwa itu adalah baik, maka kita akan menjadi yang baik,” ucap Yohana.

 “Kalau anak nakal itu sebagian kecil untuk mencari jati diri. Tetapi bisa dikatakan ya bisa salah, bisa benar karena anak untuk mencari jati diri harus ada rasa penasaran dan yang kedua ada pendampingan orang – orang yang bisa dipertanggung jawabkan untuk memberitahukan tentang dirinya. Seperti melakukan ini tuh salah, yang ini benar. Tapi yang jelas istilah nakal cara untuk menemukan jati diri? Bisa tapi belum tentu tidak selalu benar,” imbunya.

Dilansir dari medium.com  yang berjudul Tips Menemukan Jati Diri sendiri  

Jati Diri yang kita semua inginkan adalah jati diri yang baik. Untuk mencapai hal baik tersebut, maka Anda harus memulainya dengan:

  1. Kenali Diri Anda.
    Kenali diri sendiri dengan meluangkan waktu untuk merefleksikan diri dan berfikir. Dengan meditasi untuk memikirkan siapa saya, tujuan, keinginan dan lain – lain.
  2. Mulailah Untuk Terus Melakukan Hal yang Baik
    Dalam proses untuk menemukan jati diri , yang harus dilakukan adalah mencoba untuk terus melakukan hal hal yang baik, dan hal baik ini yang akan membantu kita untuk menemukan suatu kebiasaan baru yang baik. dan akan menjadi kebiasaan yang baik.
  3. Selesaikan Masalah Anda.
    Dalam kehidupan pasti kita memiliki masalah. Tips Terbaik untuk menyelesaikan masalah adalah, mulai dengan cara. Kenali Masalah yang anda Hadapi. Dan coba menyelesaikannya dengan sebaik Mungkin.
  4. Hadapi Ke-Galau-an Anda
    Pasti akan ada pertanyaan yang muncul dibenak kita, seperti apa yang saya lakukan ini salah? Apa sudah benar? Maka di sini cobalah berfikir dan merenung tentang hal sudah dilakukan. Hal ini pasti terjadi, oleh karena itu, berfikirlah untuk selalu melakukan hal yang terbaik.
  5. Tentukan Minat Anda.
    Menentukan minat adalah hal yang penting. Karena hal ini akan menunjang di masa yang akan mendatang. Menentukan Minat ini tergantung pada diri sendiri, hal yang menjadi hobi dan kegiatan menyenangkan yang sering dilakukan.
  6. Cari Mentor
    Meskipun pada akhirnya pencarian jati diri hanya dapat dilakukan oleh diri sendiri. Ada baiknya memiliki mentor agar bisa mengarahkan yang lebih baik dan benar. Carilah seseorang yang bisa dipercayai dan memiliki jati diri yang pasti.
  7. Tanyakan Semua pertanyaan yang ada Pada Diri Anda.
    Sebelum memulai hal lebih jauh, mengambil tindakan lebih jauh untuk diri sendiri. Cobalah untuk mempertanyakan segala hal apapun pada diri sendiri. Dan cobalah untuk menjawabnya.
  8. Jika itu sudah Ketetapan Di Dalam Hati Anda. Maka Mantapkan lah Diri Anda.
    Ketika sudah mulai menentukan tentang hal pada diri sendiri, maka kuatkan lah tekad itu. Dan mantapkanlah diri sendiri didalam hati yang sudah tetap.

Maka dari itu, sangatlah penting untuk dapat mengenali diri sendiri agar dapat menentukan jalan hidup yang diinginkan dan tidak ragu dalam melakukan berbagai hal. (ARA)

Sumber Gambar : unisayogya.ac.id

Mutiara Happy
Author

Write A Comment