What’s happening?

Test Masuk Perguruan Tinggi Dengan Sistem Online

Pinterest LinkedIn Tumblr

Malang (8/6) Pandemi Covid-19 memberikan berbagai dampak di hampir seluruh sektor, salah satunya pada sektor pendidikan. Para pelajar harus merasakan proses pembelajaran yang berbeda, yaitu dengan konsep belajar dirumah menggunakan media daring (online). Tak hanya itu, proses penerimaan mahasiswa baru dari salah satu Perguruan Tinggi juga akan melakukan test dengan cara online. Tentu test masuk perguruan tinggi tahun ini akan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Namun, apakah hal tersebut akan efektif?

“Gimana ya, menurutku kurang efektif lebih enak datang langsung. Karena pasti ada beberapa prosedur yang menurutku malah jadi ribet,” ujar Sofia Rizky, salah satu calon mahasiswa baru di PEM AKAMIGAS Cepu, Blora.

“Sebenarnya takut ada kesalahan juga, pasti akan mengakibatkan fatal. Tapi kalau memang kondisi seperti ini ya online jadi jalan tengah nya sih,” lanjutnya.

Sistem tes online masuk ke perguruan tinggi memang merupakan suatu hal yang baru, tidak hanya pada calon mahasiswa saja tetapi juga pada perguruan tinggi tersebut. Sehingga diharapkan tes pada tahun ini memiliki prosedur atau aturan yang lebih ketat guna menghindari adanya kecurangan.

“Menurut saya kurang efektif, pasti ada yang berbuat curang dengan menggunakan joki atau waktu test buka buku. Jadi, kasihan yang udah berusaha belajar hingga larut malam. Tetapi, kalau perguruan tinggi tersebut akan memantau dengan ketat sih tidak masalah,” ungkap Yayak, orang tua calon mahasiswa baru.

Bagaimanapun juga tes masuk perguruan tinggi harus tetap dilaksanakan. Meski tes secara online dianggap kurang efektif, tetapi mengingat pandemi Covid-19 masih terus meningkat maka tes online merupakan solusi yang paling tepat. (YAP)

Sumber Gambar : tirto.id

Write A Comment